Depan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi Masyarakat Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi Masyarakat Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur

Kementerian Sosial telah mengeluarkan kebijakan berupa program-program bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin dan masyarakat yang terdampak sosial ekonomi dari adanya Wabah Virus Corona. Salah satu program yang diluncurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial adalah Program Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan Sosial Tunai adalah bantuan yang berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan atau rentan yang terkena dampak dari Wabah Covid-19.

Kriteria penerima Bansos Tunai adalah Kepala Keluarga yang telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI dan tambahan usulan dari Daerah. Penyaluran Bansos Tunai dilakukan melalui 2 cara yaitu pertama yaitu Penyaluran yang dilakukan oleh Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) melalui rekening KPM (Keluarga Penerima Manfaat) serta Kedua Penyaluran Bansos Tunai dilakukan oleh PT POS Indonesia melalui Salur BST (Bansos Tunai) di Kantor Pos, Salur BST di Tingkat Komunitas, dan Salur Bansos Tunai langsung ke tempat tinggal.

Minggu, 18 Oktober 2020 yang bertempat di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur sejumlah 84 Orang warga masyarakat yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) secara bergiliran dipanggil oleh Petugas Kantor Pos untuk menerima Uang Tunai. Wasini masyarakat Lingkungan Sukarame Kelurahan Cipari mengatakan "Saya merasa terbantu dengan program ini, apalagi saya merupakan pedagang kecil yang berjualan makanan keliling serta berpenghasilan rendah. Alhamdulillah saya akan belikan beras sekarang juga" ujarnya dengan wajah penuh gembira dan berkaca-kaca kepada Admin.

YUDI WAHYUDI, SE Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Cipari yang memantau langsung pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh Petugas Kantor POS di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur, "ini merupakan bantuan tahap ke-VII dari Kementrian Sosial RI dimana warga Kelurahan Cipari yang mendapakannya pun cuma 84 Orang, alhamdulillah penyaluran Bansos ini berjalan lancar, aman dan kondusif sesuai yang diharapkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak akibat wabah Virus Corona serta kami ucapkan terima kasih pula kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini hingga berjalan dengan sukses", ucapnya ditengah-tengah kesibukannya. Admin, 19/10/2020