Depan Peletakan Batu Pertama Pabrik Pengelolaan Limbah Kotoran Hewan Ternak

Peletakan Batu Pertama Pabrik Pengelolaan Limbah Kotoran Hewan Ternak

Kotoran sapi adalah limbah hasil pencernaan sapi dan hewan dari subfamili Bovinae lainnya. Kotoran sapi memiliki warna yang bervariasi dari kehijauan hingga kehitaman, tergantung makanan yang dimakannya, setelah terpapar udara, warna dari kotoran sapi cenderung menjadi gelap. Kotoran sapi menjadi habitat bagi berbagai jenis organisme yang memecahkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya untuk didaur ulang dan disatukan dengan molekul tanah. Di tempat dimana sapi belum berdiam pada waktu yang lama, organisme pendegradasi kotoran sapi belum banyak sehingga keberadaan kotoran sapi dapat menjadi sarang tumbuhnya organisme merugikan.

Jika selama ini kotoran sapi oleh para peternak di WIlayah Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur dibuang sia-sia melalui aliran sungai, pada hari Jum'at tanggal 30 Oktober 2020, yang bertempat di lahan kosong milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan yang berada di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur telah dilaksanakan peletakan batu pertama untuk Pembangunan Pabrik Pengelolaan Limbah oleh Perusahan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan. Direktur Perumda Dr. Nana Sutisna, SE, MM, CSMA dalam sambutannya mengatakan bahwa Pabrik ini akan mengelola limbah Kotoran Ternak Sapi dari WIlayah Kecamatan Cigugur dan bukan hanya dari ternak sapi di Kelurahan Cipari semata. Pabrik yang direncanakan akan menangani limbah kotoran hewan ternak sapi dengan kapasitan minimal 70 ton per hari ini selanjutnya akan memproses limbah kotoran ternak sapi menjadi pupuk organik yang nantinya akan disalurkan ke wilayah Cilacap dan Tegal Jawa Tengah.

Camat Cigugur Kabupaten Kuningan Didin Bahrudin, S.Sos, M.Si yang didampingi oleh Lurah Cipari Kecamatan Cigugur Nining Kurniasih, SE dalam sambutannya mengucapkan puji sukur dan rasa bahagianya atas keinginan Perusahan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan yang akan membangun pabrik untuk mengelola limbah di Wilayah Kecamatan Cigugur mengingat persoalan limbah kotoran ternak sapi selama ini sudah berlangsung lama dan menjadi persoalan yang melelahkan. "Kami berharap dengan adanya pabrik pengelolaan limbah ini, persoalan limbah kotoran ternak sapi di Wilayah Kecamatan Cigugur dapat teratasi dengan baik dan dari adanya pembangunan pabrik ini semoga dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar serta dapat menyerap tenaga kerja baru sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat".

Dengan mengucapkan doa bersama-sama, peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Pengelolaan Limbah Kotoran Hewan Ternak Sapi yang berlokasi di Kelurahan Cipari Kecamatan CIgugur dimulai oleh Camat Cigugur Kabupaten Kuningan yang seterusnya secara bergiliran dilanjutkan oleh Lurah Cipari, perwakilan pengurus Koperasi, perwakilan Ketua Kelompok Ternak dan ditutup oleh Direktur Perumda Anekas Usaha Kuningan. Usai peletakan batu, dilanjutkan dengan photo bersama seluruh yang hadir dalam kegiatan tersebut dan dengan tekad membangun Kabupaten Kuningan bersih tanpa limbah, ekonomi maju dan masyarakat tentram semoga pembangunan pabrik ini menjadi jawaban bagi semua. Admin, 1/11/2020.